Jumat, 07 Desember 2012



KTF UI : RADHA SARISHA

Apa itu KTF UI?

            KTF UI merupakan kepanjangan dari Komunitas Tari FISIP Universitas Indonesia. KTF UI Radha Sarisha adalah sebuah komunitas tari mahasiswa di FISIP UI yang mewujudkan dan mengembangkan minat dan bakat mahasiswa dalam seni tari. Seni tari yang diajarkan tidak hanya tari-tarian tradisional tetapi juga tari-tarian modern, seperti tarian hiphop. Di KTF setiap anggotanya dituntut untuk berani tampil dan berkreasi dalam dunia seni, khususnya pada seni tari. Oh iya, di KTF UI juga terdapat pemusiknya loh. Tidak hanya tari, musik sebagai salah satu bidang seni dipadukan menjadi suatu kesenian yang utuh dalam komunitas ini.

Apa aja sih yang uda diraih KTF UI sejauh ini?

Di tahun 2011 kemarin, KTF UI Radha Sarisha  mendapat kesempatan untuk mengikuti program misi budaya “Du Sud Festivals Summer 2011 France-Spain”, didukung oleh International Organization of Folk Art (IOV) Indonesia yang merupakan organisasi non-pemerintah dalam hubungan operasionalnya dengan Organisasi PBB Pendidikan, Ilmu Pengetahuan dan Kebudayaan PBB (UNESCO). Tahun 2012 ini, KTF UI Radha Sarisha kembali mendapat kepercayaan dari IOV untuk mewakili Indonesia dalam program misi budaya “Du Sud Festivals Summer 2012 France-Spain-Belgium”. Sebelum menjalankan program misi budaya tersebut, KTF UI Radha Sarisha mengadakan acara pagelaran tari dalam rangka pelepasan kontingen, pagelaran tersebut berisi pertunjukan tari-tarian tradisional yang dibawakan dengan instrument atau lagu-lagu tradisional.

Tari-tarian tradisional apa saja yang dipertunjukkan?

-Kembeng Malate (Madura, Jawa Timur)
-Kancet Gantar (Dayak, Kalimantan Timur)
-Renggong Manis (Betawi, DKI Jakarta)
-Rondang Bulan (Mandailing, Sumatera Utara)
-Gaba-Gaba (Maluku)
-Marsitamitami (Toba, Sumatera Utara)
-Seudati & Saman (Nanggroe Aceh Darussalam)
-Mpok Ngigel (Betawi, DKI Jakarta)
-Tifa (Nusa Tenggara Timur)
-Lenggang Nyai (Betawi, DKI Jakarta)
-Selayang Pandang (Melayu Deli, Sumatera Utara)
-dll

Kegiatan rutin KTF apa aja ya?

KTF UI memiliki kegiatan rutin yang terdiri dari latihan tari yang diadakan setiap hari Jumat. Mereka dilatih oleh Jamilah Siregar atau biasa dipanggil kak Mila.

Siapa Ketua KTF UI saat ini?

Saat ini KTF UI diketuai oleh Shinta Dewi, mahasiswa FISIP UI angkatan 2009.

Harapan untuk KTF UI?
Semoga KTF UI akan tetap eksis dan terus jaya dalam melestarikan kebudayaan Bangsa Indonesia dan terus berparitisipasi dalam mengharumkan negeri tercinta.

Tidak ada komentar: